Rabu, 30 September 2015

RAPAT PLENO DAFTAR PEMILIH SEMENTARA HASIL PERBAIKAN (DPSHP)

       Rapat Pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) diselenggarakan tanggal 30 September 2015 bertempat di aula Kantor Camat Kerumutan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kerumutan. Rapat tersebut dimulai pukul 14.00 WIB agak lambat 1 jam dari yang direncanakan karena pada pukul 13.00 WIB masih banyak PPS yang belum hadir disebabkan kondisi geografis Kecamatan Kerumutan yang berjauhan dari lokasi tersebut.

          Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PPK Bpk. Amran Hadi, yang dihadiri juga oleh Ketua Panwascam Kerumutan (Bpk. Hairuddin, S.Pd.) beserta 2 komisionernya Bpk Ali Amran, S.Pd. dan Bpk. Atir, SE. juga dihadiri oleh perwakilan salah satu dari tim sukses paslon dari nomor urut 2 (Bpk. Bambang). Untuk perwakilan dari tim sukses paslon nomor urut 1 tidak hadir, padahal sebelumnya Ketua PPK sudah berusaha untuk menghubunginya dan bersedia untuk hadir, tetapi  sampai dengan selesainya rapat pleno tersebut belum juga hadir.

        Dari 10 Ketua PPS yang ada di Kerumutan ada 9 ketua PPS yang hadir saat itu, dan 1 Ketua PPS tidak hadir yaitu dari Mak Teduh, tetapi sebelumnya sudah mengirimkan data DPS hasil perbaikan yang diserahkan ke Ketua PPK. Yang pertama kali menyampaikan laporan hasil perbaikan DPS dari desa Lipai Bulan kemudian disusul oleh PPS-PPS lainnya se-Kecamatan Kerumutan. dan terakhir untuk PPS Mak Teduh langsung dibacakan oleh Ketua PPK dengan persetujuan Panwascam dan perwakilan dari Timses paslon yang hadir saat itu.

        Untuk hasil rekapitulasi DPSHP masing-masing Desa dan Kelurahan dapat dilihat berikut ini :

NO

Nama Desa/ Kelurahan

Jml TPS

Laki- Laki

Perem puan

Jumlah

1

Banjar Panjang

2

520

468

988

2

Beringin Makmur

5

907

881

1.788

3

Bukit Lembah Subur

6

1.005

955

1.960

4

Kerumutan

9

1.707

1.564

3.271

5

Lipai Bulan

1

148

144

292

6

Mak Teduh

4

674

619

1.293

7

Pangkalan Panduk

4

461

451

912

8

Pangkalan Tampoi

4

565

498

1.063

9

Pematang Tinggi

4

797

784

1.581

10

Tanjung Air Hitam

2

321

302

623

 

JUMLAH

41

7.105

6.666

13.771

     Setelah seluruh PPS selesai melaporkan hasil perbaikan dari DPS yang ada, kemudian Ketua PPK meminta tanggapan dari Panwascam Kerumutan. Ketua Panwascam menyampaikan harapan kepada PPK beserta jajarannya untuk dapat bekerja secara sinergis demi suksesnya pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati pelalawan tahun 2015. Di masing-masing tahapan pemilihan pasti ada potensi pelanggaran yang akan terjadi. Ketua Panwascam mengajak PPK beserta PPS yang hadir saat itu untuk berupaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilihan umum dengan berbekal aturan yang ada baik Undang-undang Pemilu, PKPU, Perbawaslu, serta surat edaran-edaran yang berkaitan dengan pemilu. Beliau juga menyampaikan apabila sampai terjadi pelanggaran  baik menjadi temuan maupun laporan maka akan membuat semua pihak akan dibuat repot.  Oleh karena itu Ketua Panwascam mengajak kepada semua yang hadir agar sama-sama menjaga dan mengawal agar semua pelaksanaan tahapan pemilihan ini dapat berjalan lancar dan minim atau bahkan tidak sampai terjadi pelanggaran sehingga terwujud pemilihan yang berkualitas.

         Dalam rangka pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Pihak PPK beserta PPS yang bersumber dari DPS (model A1.KWK) yang diterbitkan oleh KPU Kabupaten Pelalawan menjadi DPSHP tentunya ada perubahan-perubahan. Dalam hal ini Ketua Panwascam meminta data-data yang menyebabkan terjadi perubahan tersebut, misalnya: penambahan dikarenakan ada pemilih baru yang berusia 17 tahun pada saat pungut hitung tanggal 9 Desember nanti atau sudah menikah, kemudian ada pengurangan yang disebabkan karena pindah domisili, meninggal dunia, pemilih fiktif, perubahan status TNI/POLRI, pemilih ganda, dll. tapi disini PPK belum dapat memberikan rinciannya karena masih dalam proses penyusunan pelaporan hasil perbaikan data pemilih ke KPU Kabupaten Pelalawan.      

       Selain itu Ketua Panwascam juga mengingatkan sebagai penyelenggara pemilu harus menjaga netralitasnya, jangan sampai terjebak dengan keberpihakan kepada salah satu paslon bupati dan wakil bupati, karena hal tersebut akan dapat menjadi permasalahan yang serius apabila terbukti mendukung pada salah satu calon secara terang-terangan.

          Anggota Komisioner Panwascam divisi Organisasi dan SDM (Bpk. Ali Amran) juga berpesan kepada PPS untuk sama-sama menjaga kondisi Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di masing-masing wilayah agar jangan sampai APK tersebut rusak atau bahkan sampai hilang. beliau juga berpesan apabila ada APK yang tumbang karena tertiup angin dsb mohon kiranya PPS dan PPL sama-sama bekerja sama untuk mendirikannya kembali, karena masa kampanye baru berakhir pada tanggal 5 Desember 2015. Dalam kurun waktu yang panjang itu memungkinkan APK itu rusak, baik karena dirusak oleh oknum ataupun rusak karena faktor alam. Makanya beliau berharap bagi penyelenggara pemilihan dan Pengawas Pemilihan di tingkat Desa agar sama-sama ikut peduli tentang keberadaan APK yang terpasang di desanya masing-masing.

        Pada akhir sesi Ketua PPK memberi kesempatan kepada perwakilan timses yang hadir pada saat itu, yaitu dari perwakilan timses nomor urut 2 (Bpk. Bambang), tetapi beliau tidak memberikan tanggapannya artinya beliau selaku perwakilan dari tim sukses paslon nomor urut 2 menerima hasil dari penetapan DPSHP yang telah dibacakan oleh masing-masing PPS. Tetapi Ketua PPK juga mengingatkan semua pihak agar ikut berpartisipasi dalam pemutakhiran data agar tidak terjadi permasalahan pada saat proses pemungutan suara. Beliau minta kepada seluruh masyarakat se-Kecamatan Kerumutan, Panwas beserta jajarannya, tokoh masyarakat, tim sukses agar dapat meminta masukan informasi baik penambahan dan pengurangan Daftar Pemilih dalam rangka pemutakhiran data berikutnya.

Untuk foto-foto kegiatan dapat dilihat berikut ini :

Suasana Rapat Pleno DPSHP Kecamatan Kerumutan

 

PPS yang hadir dalam rapat pleno penetapan DPSHP

 

PPS dari Desa Beringin Makmur membacakan hasil perbaikan DPSnya

 

Ketua PPK, Sekretariat PPK dan Panwascam Kerumutan

 

Ketua PPK Kerumutan Bpk. Amran Hadi sedang memimpin rapat

 

Perwakilan dari timses paslon nomor urut 2 Bpk. Bambang sedang mendengarkan laporan dari masing-masing PPS

0 komentar:

Posting Komentar