Senin, 30 November 2015

PELANTIKAN PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA (PTPS)

       Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan tahun 2015 dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 pasal 27 ayat 1 yang menyebutkan bahwa ,”Dalam melaksanakan tugas pengawasan, PPL dapat dibantu 1 (satu) orang pengawas TPS dimasing-masing TPS berdasarkan usulan PPL kepada Panwascam”. oleh karenanya Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Kerumutan mengadakan pelantikan Pengawas TPS pada hari Minggu tanggal 29 November 2015 bertempat di aula kantor camat Kerumutan.

       Pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Pelalawan Bpk. Djamaludin, SKM dan Anggota Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Panwas Kabupaten Pelalawan Bpk. Mabrur, SPi, beserta 2 orang staff Sekretariat Panwas Kabupaten Pelalawan. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Sektor Kerumutan (Kapolsek Kerumutan) Bpk. Rudi Guntoro, SE.

DSCN0443

Dari Kiri Anggota Panwaskab Pelalawan (Mabrur, SPi), Ketua Panwascam Kerumutan (Hairuddin, S.Pd), Ketua Panwaskab Pelalawan (Djamaludin, SKM), Kapolsek Kerumutan (Rudi Guntoro, SE), Anggota Panwascam Kerumutan (Ali Amran, S.Pd), anggota Panwascam Kerumutan (Atir, SE).

          Sebelum pelantikan Pengawas TPS tersebut diadakan Pembekalan terhadap Pengawas TPS yang akan bertugas tanggal 9 Desember nanti dengan materi Pengenalan Organisasi Pengawasan Pemilihan, Pengenalan form Model C, Model C1 s/d model C7. Pembekalan ini dimulai pukul 08.30 WIB yang disampaikan oleh Anggota Panwascam Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bpk. Atir, SE, sampai dengan pukul 10.30 WIB.

DSCN0393

Bpk Atir, SE memberikan Bimbingan Teknis kepada Pengawas TPS

DSCN0395

Pengawas TPS mengamati Model C yang akan mereka minta nantinya pada Ketua KPPS.

          Setelah rombongan Panwas Kabupaten Pelalawan dan Kapolsek Kerumutan hadir di lokasi pelantikan maka acara bimbingan Teknis untuk sementara dihentikan dan akan dilanjutkan nanti setelah acara pelantikan.

           Acara Pelantikan Pengawas TPS dimulai pukul 10.30 WIB dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh hadirin

DSCN0410

kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan perekrutan Pengawas TPS oleh Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Panwascam Kerumutan Bpk. Ali Amran S.Pd. sekaligus menyerahkannya kepada Ketua Panwaskab Pelalawan.

DSCN0413

Pembacaan Surat Keputusan Panwascam No. 28-KEP/Panwas-Krmt/XI/2015 tentang PENETAPAN ANGGOTA PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA se-KECAMATAN KERUMUTAN DALAM RANGKA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI PELALAWAN TAHUN 2015 oleh Kepala Sekretariat Panwascam Bpk. Yulianto, S.Pd. yang selanjutnya memberikan tembusannya kepada Ketua Panwaskab Pelalawan

DSCN0414

DSCN0415

Selanjutnya pembacaan naskah pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pengawas TPS se-Kecamatan Kerumutan oleh Ketua Panwascam Kerumutan  Bpk. Hairuddin, S.Pd.

DSCN0417

DSCN0420

Dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara pengambilan sumpah yang diwakili oleh Anggota Pengawas TPS Desa Pematang Tinggi Bpk. Eko Sarmono dan Anggota Pengawas TPS Desa Beringin Makmur Ibu Juni Astuti disaksikan oleh Ketua Panwaskab Pelalawan

DSCN0422

DSCN0423

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan Tanda anggota Pengawas TPS oleh Ketua Panwaskab dan ketua Panwascam secara simbolis yang diwakili oleh Pengawas TPS Desa Mak Teduh Bpk. Sabar Wagirun dan pengawas TPS Desa Banjar Panjang Ibu Marlina Asmira

DSCN0425

DSCN0427

DSCN0428

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Kapolsek Kerumutan Bpk. Rudi Guntoro, SE yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebagai Pengawas TPS harus bisa bersikap netral tidak boleh memihak kepada golongan tertentu dan juga harus bisa bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas agar Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Tahun 2015 berjalan dengan sukses dan dapat terpilih kepala daerah sesuai dengan pilihan rakyat.

DSCN0429

Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Panwaskab Pelalawan Bpk. Djamaludin, SKM, yang intinya beliau juga berpesan kepada Pengawas TPS agar dapat menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan sumpah yang telah diucapkannya, jangan sampai pengawas TPS tergiur oleh iming-iming dari oknum yang ingin menghancurkan demokrasi di Kabupaten Pelalawan. “Jaga Integritas, netralitas dan semangat kerja yang tinggi” pesan ketua Panwaskab Pelalawan

DSCN0435

Terakhir sambutan diberikan oleh Ketua Panwascam Kerumutan Bpk. Hairuddin, S.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas sebagai Pengawas itu berat karena pengawas harus mampu mengawasi segala aspek dalam tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan ini. beliau juga berpesan dengan terbentuknya pengawas TPS agar bisa bekerja secara sinergis antara PPL dan Pengawas TPS dan diharapkan juga agar nantinya ketika Proses pungut hitung tanggal 9 Desember 2015 dapat melakukan pengawasan secara intensif di TPSnya masing-masing.

DSCN0432

Acara selanjutnya yaitu pemberian ucapan selamat kepada Pengawas TPS yang sudah dilantik dan dilanjutkan dengan acara foto bersama

DSCN0439

DSCN0440

foto bersama Pengawas TPS yang telah dilantik

DSCN0455

Setelah selesai acara pelantikan dilanjutkan dengan pembekalan dan bimbingan teknis kepada Pengawas TPS yang dilaksanakan mulai pukul 13.30 WIB yang sebelumnya acara istirahat, sholat dan makan siang.

Narasumber yang pertama langsung disampaikan oleh Ketua Panwaskab Pelalawan Bpk. Djamaludin, SKM

DSCN0458

Kemudian dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis yang disampaikan oleh Ketua Panwascam Kerumutan Bpk. Hairuddin, S.Pd.

DSCN0395

Demikian tadi rangkaian acara Pelantikan dan Pembekalan serta Bimbingan Teknis bagi Pengawas TPS se-Kecamatan Kerumutan. Mudah-mudahan Pengawas TPS yang sudah dibentuk dan dilantik dapat bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

0 komentar:

Posting Komentar